baterai Android

baterai Android boros

Punya smartphone memang sangat meyenangkan, selain interaktif smartphone juga mempunyai banyak fitur. Namun masih ada kekurangan dan ini adalah masalah klasik : Baterai Boros. Tidak hanya pada perangkat Android saja, namun hampir semua perangkat cerdas mempunyai masalah yang sama. Silakan membaca tips-tips yang lain di halaman ini.

Kenapa baterai android boros?

Karena baterai digunakan untuk menjalankan kebutuhan grafis untuk interactive userinterface. Selain itu, mengaktifkan wi-fi, bloetooth, GPS, dan Packet Data juga mengkonsumsi banyak daya. Di Indonesia,  mencari sinyal 3G pun masih “ngos-ngos”an. Lalu bagaimana..

Cara Menghemat Baterai Android?

Setidaknya ada 7 hal yang harus dilakukan untuk lebih menghemat baterai android

1. Tutup Aplikasi yang tidak perlu

Setiap aplikasi dijalankan pasti akan mengonsumsi baterai. Sebenranya sistem di Android akan mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan secara otomatis. Namun labih baik jika Kamu sudah tidak menggunakan Aplikasi, tutuplah dengan menekan tombol BACK.

2. Matikan Packet Data

Packet data adalah pintu masuk email,notifikasi Twitter, facebook dan lainnya. Jika packet data ini aktif maka otomatis akan mengambil data pada selang waktu tertentu. Jika ingin baterai android tidak boros, hidupkan packet data jika diperlukan saja.  Caranya buka Setting > Wireless & Network>Mobile Network>Data Traffict(centang/uncentang).

3. Bloetooth dan Wi-fi

Dua fitur ini selalu melakukan searching otomatis dan setiap seacrhing pasti mengonsumsi daya. Hidupkan jika diperlukan saja

4. Widget

Semakin banyak animasi pada home scereen, atau semakin banyak widget sebanding juga dengan banyaknya mengonsumsi daya. Matikan widget yang tidak diperlukan supaya baterai android tidak boros. Buka Setting > Sound & Display > hilangkan cek pada Orientation dan set Animations menjadi No Animations.

5. Screen Timeout

Layar pada Android akan meredup dan mati secara otomatis. Waktunya dapat diatur oleh user. Setting Screen Timout pada waktu secepat mungkin agar baterai android tidak boros.

6. Instal aplikasi killer

Aplikasi ini bertugas mematikan aplikasi secara rutin secara otomatis. Aplikasi killer ini misalnya “Advanced Task Killer” atau “Juice Defender”

7. Pilih sinyal EDGE

Sampai saat ini ada 2 macam jaringan GSM yaitu EDGE (2G) dan HSDPA(3G). Bedanya , sinyal HSDPA lebih cepat daripada EDGE, namun searching sinyal 3G ini juga lebih banyak mengonsumsi daya baterai apalagi jika jauh dari area 3G. Jika unlimited Kamu cuma untuk update FB, twitter, dan semacamnya cukup menggunakan sinyal EDGE.

Menghemat Baterai Android agar tidak boros

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>